Prihatin Rakyatnya Terdampak Pandemik Corona, Bupati Eka Wiryastuti Sumbangkan Seluruh Gaji dan Hasil Pertanian Pribadinya

157
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Foto istimewa
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Foto istimewa

TABANAN, balikawi.com– Jiwa sosial bupati Tabanan, Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti tidak diragukan lagi. Prihatin rakyatnya mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemik corona, bupati kader PDIP itu langsung menyumbangkan semua gaji dan hasil pertanian milik pribadinya untuk penanggulangan covid -19 dan pemberian sembako kepada warga Tabanan yang terkena himbas virus yang berasal dari Wuhan itu.

“ Mulai bulan ini (Mei-red) tak suruh setor aja lah, gaji ibu tak sumbangkan saja,” kata bupati Eka Wiryastuti, Sabtu (2/5/2020).

Bupati yang sudah menjabat dua periode itu juga mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tabanan bersama-sama menangani Covid -19 dengan cara membuka Dompet Peduli penanganan Covid-19 Kabupaten Tabanan melalui Rekening Bank BPD Bali No. 01202. 22.09051-8.

Rencananya, jika covid ini terjadi jangka panjang, dana ini akan digunakan pada saat darurat. Misalnya, membuat dapur umum atau membeli beras untuk dibagikan kepada rakyat.

“ Kendatipun empatinya kecil, mudah-mudahan bisa mengurangi beban orang lain saat Covid -19 ini,” imbuhnya.

Dalam penangan Covid-19 ini, di kabupaten yang berjuluk lumbung beras ini, Bupati Eka selalu mengedepankan ajaran Hindu yang dikenal sejak dulu dengan istilah “ Tat Twam Asi” yang berarti aku adalah kamu, dan kamu adalah aku.

Tak hanya memberikan gaji saja, melalui Yayasan yang dipimpinnya Yayasan bernama Ekalawya, juga dipersiapkan bantuan paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat miskin maupun para pekerja yang terdampak covid-19, dan memberikan paket stamina kepada Satgas dan para PMI.

Kepada warga Tabanan, mantan anggota DPRD Tabanan itu mengingatkan warganya agar selalu mengikuti himbauan pemerintah untuk mencegah meluasnya covid -19. Warga diminta rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker serta memaksimalkan fungsi hand sanitizer. (ngh/ibs/bk)