Wabah Corona Mengancam, PSN Gianyar Gelar Doa Bersama

91
PSN Gianyar akan gelar doa bersama karena prihatin wabah corona semakin mengancam keselamatan warga
PSN Gianyar akan gelar doa bersama karena prihatin wabah corona semakin mengancam keselamatan warga

GIANYAR, balikawi.com – Pinandhita Sanggraha Nusantara (PSN) Gianyar akan menggelar doa bersama Senin (30/3/2020) besok. Doa bersama yang dimulai pukul 18.30 Wita itu akan dilangsungkan dimasing – masing pura tempat pengurus dan anggota PSN ngayah sebagai Jero Mangku.

Sekretaris Korcam PSN Tegallalang Pinandhita I Made Dwitayasa kepada BaliKawi.com membenarkan adanya rencana doa bersama tersebut.

“ Ini sesuai dengan edaran yang disampaikan pengurus PSN Korda Gianyar. Waktu berdoanya bersamaan. Tapi, tempatnya berbeda – beda, yaitu di pura amongan pinandhita itu ngayah,” kata Dwitayasa.

Pria asal banjar Bayad, Kedisan, Tegallalang yang juga dosen Universitas Negeri Gusti Bagus Sugriwa Bali itu menyebutkan, doa bersama digelar tidak lepas dari munculnya wabah corona yang bersifat global.

“ Di Bali kita yakini corona adalah sasab merana. Ketika semua usaha untuk mengatasi belum bisa maksimal, kita mohon pertolongan dan petunjuk Beliau Diatas,” kata Dwitayasa.

Pinandhita yang juga pemangku Pura Bale Agung desa adat Bayad itu menyebutkan, dalam doa bersama itu ada pedoman yang telah digariskan. Mulai dari doa apa yang diucapkan hingga ada yang bersifat magis.

“ Tapi hal ini bersifat sakral. Tidak mungkin kita ungkapkan kepada publik. Intinya kita nunas kerahajengan jagat dan segala merana cepat berlalu,” sebutnya.

Kepada umat Hindu, pihaknya mengharapkan agar senantiasa mengikuti himbauan pemerintah sehingga korban corona tidak bertambah. (ibs)